-->

Perbedaan Isim Fail Dan Isim Maf'ul

Maqalah Santri - Tasrif dalam ilmu Sharaf adalah perubahan satu kalimat ke kalimat lainnya karena ada makna yang berbeda-beda, tiada hasil perbedaan makna melainkan dengan perubahan. Mulai dari fiil madhi, mudhari, masdar, dan selanjutnya hingga isim alat, isim makan.


Misalkan ضرب (fiil madhi) يضرب ( fiil mudhari) ضربا (masdar) semua maknanya berbeda-beda, lafadznya pun berbeda apalagi harakat.


Perbedaan Isim Fail Dan Isim Maf'ul


Sedangkan pada isim fail dan isim maf'ul lafadznya bersamaan cuma beda harkatnya saja. Sebagai contoh منكسِر/ منكسَر kira-kira apa perbedaan  isim fail dan isim maf'ul pada contoh tersebut?....


Perbedaan antara isim fail dan isim maf'ul sebenarnya bukan sebuah kesukaran dalam pengetahuan santri. Karena setiap santri pasti pernah belajar di kitab-kitab sharaf pemula perbedaan antara kedua kalimat tersebut.


Walaupun perbedaan antara keduanya adalah suatu hal biasa yang membasahi bibir para santri, Namun kami ingin mencoba menguraikan sebuah kata kunci yang di telusuri kan orang "Perbedaan isim fail dan isim maf'ul" pada mbah google untuk memenuhi kebutuhan mereka.


Baca Juga: Alasan Di Tambahkan هو Pada Isim Fail dan ذلك Pada Isim Maf'ul


Adapun perbedaan kalimat isim fail dan isim maf'ul pada tsulatsi mujarrad sangatlah jelas, karena memang jelas-jelas beda antara keduanya, فاعل dan مفعول. Sedangkan isim fail dan isim maf'ul pada tsulatsi mazid lafadznya bersamaan cuman harkatnya saja yang beda.


Contoh مستخرج / مستخرج 


Perbedaannya adalah; harkat ain fiil pada isim fail di kasrahkan sedangkan pada isim maf'ul di Fatah kan. 


Kalimatnya sama, huruf-huruf nya sama yang beda cuman harakat doang. Semoga saja bermanfaat kepada kami sendiri dan umumnya kepada antum-antum pembaca semuanya. Jazakallah kastiran.

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Perbedaan Isim Fail Dan Isim Maf'ul "

  1. Afwan ijin tanya kalo pada kitab tanpa harakat selain dengan konteks bagaimana cara membedakannya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel