-->

Alasan Di Tambahkan هو Pada Isim Fael Dan ذلك Pada Isim Maf'ul

Maqalah Santri - Alasan di tambahkan هو pada isim fael dan ذلك pada isim maf'ul. Bagi mereka para santri yang pernah mondok di pesantren salafi yang mengkaji kitab Kuning klasik, dalam jangka lima atau sampai enam tahun pasti tidak asing lagi dengan alasan ini. Namun bagi mereka yang baru masuk pesantren tetap bertanya-tanya kenapa-kenapa dan kenapa?...


Umumnya para santri ketika belajar nahwu dan sharaf ketika mengetahui suatu masalah misalkan "mubtada adalah suatu isim yang marfuk" maka bagi mereka tiada berkecukupan dengan pengetahuan sebegitu saja! Tetap mereka menanyakan kenapa mubtada mesti isim marfuk? Begitulah kira-kira himmah(semangat) mereka santri dalam mempelajari ilmu pengetahuan agama.


Sebelum kita menguraikan alasan di tambahkan هو pada isim fael dan ذلك pada isim maf'ul terlebih dahulu perlu kita ketahui wazan ataupun timbangan isim fael dan isim maf'ul!


Adapun wazan isim fael pada stulasi mujarrad adalah atas timbangan فاعل, dari bab pertama hingga bab yang ke enam. Sedangkan wazan isim maf'ul adalah مفعول juga dari bab pertama hingga bab yang ke enam, keduanya dari stulasi mujarrad.


Adapun perbedaan wazan isim fael dengan isim maf'ul pada stulasi mazid hanyalah dengan Fattah dan kasrah. Pada isim fael di kasrahkan a'in fiel منكسِر, sedangkan pada isim maf'ul di Fattahkan منكسَر. Maka beda antara isim fael dan isim maf'ul pada stulasi mazid hanyalah dengan harkat a'in fiel.


Sekarang kenapa di tambahkan هو pada isim fael dan ذلك pada isim maf'ul?


Isim Fael Dan Isim Maf'ul
Hayoo ngaku pernah mondok tidak! Kalau antum pernah mondok pasti bisa harkatnya dan maknanya dengan benar.


عبارته فإن قيل : لم أوتي بكلمة هو في اسم الفاعل وكلمة ذلك في إسم المفعول مع أنهما لادخل لهما فالتالية . قلنا لـءلا يلتبس إسم الفاعل بإسم المفعول فالمزيدات في الصورة. فإن قيل لا التباس في الثلاثي المجرد لأن صيغتهما متغايرتان فيه؟ قلنا حملا على المزيدات


Soal?
Kenapa di datangkan kalimat هو pada isim fael dan kalimat ذلك pada isim maf'ul:


Jawabannya:
Supaya tidak menyerupai/sama antara isim fael dan isim maf'ul. Sedangkan wazan isim fael dan isim maf'ul pada stulasi mazid wazan sama cuma beda harkat a'in fielnya saja.


Soal?
Kok bisa sama! Padahal kan beda wazan isim fael dan isim maf'ul pada stulasi mujarrad:


Jawabannya:
Ia, makanya surah sama,(antara isim fael dan isim maf'ul) pada stulasi mazid bukan stulasi mujarrad.


Demikianlah alasannya yang dapat kami jelaskan pada artikel ini. Untuk antum pembaca semuanya kadang ada yang kurang memuaskan ataupun salah tatacara kami sampaikan tolong berikan komentar untuk kami, biar secepatnya kami perbaiki. Terima kasih buat pembaca semuanya.

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Alasan Di Tambahkan هو Pada Isim Fael Dan ذلك Pada Isim Maf'ul"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel