-->

Adab-Adab Anak Kepada Orang Tua

Maqalah Santri: Jika engkau mempunyai ayah dan ibu, maka adab-adab anak terhadap kedua orang tuanya yang muslim ada dua belas.

1. Mendengarkan perkataan mereka.

2. Berdiri menyambut keduanya ketika mereka berdiri demi menghormati dan memelihara kehormatan mereka, meskipun kedudukan mereka berada di bawahnya.

3. Mematuhi perintahnya selama perintah itu bukan dalam mendurhakai Allah.

4. Tidak berjalan di depan kedua orangnya, tetapi di samping atau dibelakangnya. Jika ia berjalan di depan kedua orang karena sesuatu hal, maka tidaklah mengapa ketika itu.


mamak


5. Tidak mengeraskan suaranya melebihi suara kedua orang tua demi sopan santun terhadap mereka. Ini adalah adab yang paling ditekankan sebagaimana dikatakan oleh Ar-Ramli dalam Umadatur Raabih.

6. Menjawab panggilan mereka dengan jawaban yang lunak seperti Labbaik.

7. Berusahalah keras untuk mencari keridaan kedua orang tua dengan perbuatan dan perkataan.

8. Bersikaplah rendah hati dan lemah lembut kepada kedua orang tua seperti melayani mereka. Menyuapi makan dengan tangannya bila keduanya tidak mampu dan mengutamakan keduanya di atas diri dan anak-anaknya.

9. Tidak mengungkit-ungkit yang kepada keduanya maupun pelaksanaan perintah yang dilakukan olehnya. Seperti ia katakan: "Aku beri engkau sekian dan sekian dan aku lakukan begini kepada kamu berdua." Karena perbuatan itu bisa mematahkan hati. Ada yang mengatakan, menyebut-nyebut kebaikan itu bisa memutuskan hubungan.

10. Janganlah ia memandang kedua orang tua dengan pandangan sinis.

11. Janganlah bermuka cemberut kepada keduanya.

12. Janganlah bepergian, kecuali dengan izin keduanya, yaitu perjalanan untuk jihad, haji tathawwu', menziarahi para nabi dan wali serta perjalanan yang bisa mengancam keselamatan untuk berniaga. Maka perjalanan macam itu diharamkan, bilamana tidak diizinkan oleh ayah dan ibu, meskipun diizinkan oleh yang lebih dekat darinya. Kecuali perjalanan untuk belajar ilmu yang fardu, walaupun kifayah, seperti belajar nahwu dan derajat pemberian fatwa. Maka tidaklah diharamkan atasnya, meskipun tidak diizinkan oleh orang tuanya.

Demikian disebutkan dalam Fathul Mu'iin. Adapun ayah dan ibu yang kafir, maka anaknya harus mempergaulinya dengan baik dalam hal-hal yang tidak berkaitan dengan agama selama ia masih hidup.

Sumber; Muraqi Ubudiyah.

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Adab-Adab Anak Kepada Orang Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel