-->

Sifat sifat huru hara hari kiamat


Hari yang padanya segala makhluk. yang memandang mata mereka yang hancur mereka. Mereka itu tiada brekata kata dan tiada memperhatikan kepada urusan mereka. Mereka berdiri tiga ratus tahun. Tiada memakan padanya suatu makanan pun. Tiada meminum padanya suatu minuman pun. Dan mereka tiada mendapati padanya angin yang sepoi sepoi.

Ka ab dan Qatadah membaca ayat.

.يوم يقوم الناس لرب العالمين

Artinya: "Di hari manusia berdiri di hadapan Tuhan semesta alam."  Surat.(Al Muthaffifin, ayat 6).

Ka'ab berkata, bahwa mereka itu berdiri kadar tiga ratus tahun. Akan tetapi, Abdullah bin Amr berkata: "Rasulullah saw. membaca ayat tersebut, kemudian beliau bersabda:

كيف بكم اذا جمعكم الله كما تجمع النبل في الكنانة خمسين ألف سنة لا ينظن اليكم.

Artinya: "Bagaimana dengan kamu, apabila kamu dikumpulkan oleh Allah, sebagaimana dikumpulkan anak panah pada tempatnya selama limapuluh ribu tahun, yang IA tiada melihat kepada kamu.

Al-Hasan Al-Bashari berkata: Apa persangkaanmu dengan hari, yang mereka berdiri padanya atas tapak kaki mereka, kadar lima puluh ribu tahun? Mereka tiada memakan padanya akan suatu makanan. Dan tiada meminum padanya akan suatu minuman. Sehingga, apabila putuslah leher mereka dengan kehausan dan terbakarlah perut mereka dengan kelaparan, niscaya dibawa mereka ke neraka. Lalu mereka diberi minum dari mata air bejana yang telah datang waktu kepanasannya dan bersangatan ke hangusannya. Maka tatkala sampailah kesungguhan dari mereka, kepada apa yang tiada kemampuan lagi bagi mereka dengan dia, niscaya sebagian mereka berkata kepada sebahagian yang lain, pada mencari orang yang  mulia pada Tuhannya. Supaya ia memberikan syafa'at kepada mereka. Maka mereka tiada bergantung dengan seseorang nabi, melainkan nabi itu menolak mereka, seraya berkata: "Tinggalkanlah aku nafsi-nafsi (sendiri sendiri)! Aku disibukkan oleh urusanku, dari urusan orang lain.

Masing-masing berdalih dengan kesangatan marah Allah Ta'ala. Dan berkata: "Pada hari ini telah marah Tuhan kita dengan kemarahan, yang ia tidak pernah marah sebelumnya seperti itu. Dan ia tidak marah sesudahnya seperti itu." Sehingga bersyafa'atlah Nabi kita saw. bagi siapa yang diizinkan baginya. Mereka tiada memiliki syafa'at (pertolongan) itu, selain bagi siapa yang diizinkan oleh Tuhan Yang Maha pemurah. Dan di ridhainya baginya perkataan.

Maka renungkanlah tentang panjangnya hari ini dan sukarnya menunggu padanya. Sehingga ringanlah kepada anda, menunggu sabar dari segala kemaksiatan pada umur anda yang pendek itu.

Ketahuilah, bahwa barangsiapa yang lama penungguannya di dunia bagi mati, karena kesangatan penderitaannya bagi sabar dari nafsu-syahwat, maka pendeklah penungguannya pada hari itu khususnya. Rasulullah saw bersabda, tatkala ditanyakan dari panjangnya hari itu. Maka beliau menjawab:

والذي نفسي بيده انه ليخفف على المؤمن حتى يكون أهون عليه من الصلاة المكتوبة يصليها في الدنيا.

Artinya: "Demi Tuhanyang diriku di Tangannya! Sesungguhnya diringankan penungguan itu atas orang mu'min, sehingga adalah itu lebih mudah kepadanya dari shalat yang dikerjakannya dalam dunia."

Maka bersungguh-sungguhlah bahwa adalah anda dari orang-orang mu'min itu! Maka selama masih ada bagi anda, nafas dari umur anda, maka urusannya adalah kepada anda dan persiapannya di dua tangan anda. Maka bekerjalah pada hari-hari yang pendek untuk hari-hari yang panjang, niscaya anda beruntung dengan keuntungan, yang tiada berkesudahan bagi kegembiraannya! Dan anggaplah hina akan umur anda, bahkan umur dunia, yaitu: tujuh ribu tahun. Bahwa anda jikalau bersabar tujuhribu tahun umpamanya, untuk anda terlepas, dari hari yang kadarnya limapuluh ribu, niscaya adalah keuntungan anda itu banyak dan kepayahan anda itu sedikit.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel