-->

Tanda-Tanda Kiamat Menurut Hadits Nabi

Maqalah Santri - Salam sejahtera dari kami admin Maqalah Santri kepada pembaca semuanya. Selaku ibtidaiyah artikel marilah sama-sama kita memuji Allah SWT. Rahmat dan sejahtera kita doakan ke Rasulullah Saw. Semoga dengan berkahnya Rasulullah Saw. Allah menjaga kita semua dari haru hara kiamat. Terimalah doa hamba ya Allah.


Berikut ini adalah tanda-tanda kiamat yang kami kutip dari story Instagram guru kami yang pernah belajar di Tareem Hadramaut.

Tanda-tanda kiamat yang disebutkan dalam hadits;
Pertama, munculnya kabut (dukhan). 
Kedua, munculnya Daijal.
Ketiga, munculnya Dabbah.
Keempat, terbitnya matahari dari barat. Kelima, keluarnya Ya'iui dan Ma'iuj.
Keenam, munculnya Nabi Isa.
Ketujuh, adanya tiga gerhana di timur Kedelapan, gerhana di barat.
Kesembilan, gerhana di jazirah Arab.
Kesepuluh, adanya api yang muncul dari Yaman. 


Mengenai masalah urutannya saja pun ulama masih selisih pendapat, bahkan kapan dan akan kerjadinya pun masih diperdebatkan. Kenapa bisa terjadi perdebatan dan perselisihan seperti ini? Sebab ada yang menyebut bahwa sebagian sudah terjadi, ada juga yang menyebutkan belum terjadi. Bahkan ulama saja ada yang berpendapat bahwa pertama kali tanda kiamat adalah terbitnya matahari dari arah barat berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim dari jalur Sayyidina Abdullah bin Amr.

Bahkan ada pula ulama yang mengatakan bahwa tandanya yang pertama kali adalah munculnya api yang akan menggiring manusia berdasarkan riwayat Imam Bukhari dari jalur Sayyidina Anas. Semua tanda-tanda ini belum pasti dan belum diketahui urutannya yang mana seperti yang banyak disebutkan dalam video ceramah viral yang ada. Tujuan dari ketidak pastian tanda-tanda kiamat yang ada dalam hadits adalah sebagai penguat bahwa kiamat memang ada, tetapi tidak akan disebutkan kapan terjadi. 


Imam Fakhruddin Razi, beliau mengatakan bahwa salah satu hikmah tidak diketahuinya waktu terjadinya kiamat adalah agar manusia tetap beribadah dan mencegah diri dari perbuatan maksiat tanpa memperhatikan kapan terjadinya kiamat. 


والسبب في إخفاء الساعة عن اعباد؟ انهم اذا لم يعلموا متى تكون كانوا على حذر منها فيكون ذلك أدعى الى الطاعة وازجر عن المعصية ثم انه تعالى أكد هذا المعنى فقال لايجليها لوقتها التجلية إظهار الشئ والتجلي ظهوره والمعنى لا يظهرها في وقتها المعين إلا هو أي لا يقدر على إظهار وقتها المعين بالإعلام والأخبار إلا هو.


"Adapun sebab dirahasiakannya kiamat dari seorang hamba adalah jika mereka tidak mengetahui waktu terjadinya kiamat, maka mereka akan senantiasa menjadikannya sebagai peringatan. Maka hal itu akan lebih dekat dengan ketaatan dan menghindari dari maksiat. Kemudian sungguh Allah SWT menguatkan makna ini dengan potongan ayat, "Tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya." 


Makna dari altajliyah adalah menjelaskan kedatangan sesuatu. Maksudnya, tidak akan dijelaskan waktu kejadian tersebut secara terperinci kecuali Allah, yakni tidak ada yang kuasa menjelaskan waktu terjadinya kiamat dengan kabar dan pemberitahuan kecuali Allah" (dari kitab Mafatihul Ghaib) 


Tanda-tanda Kiamat



Nah untuk perkara masalah kiamat ini, kita pun perlu dengan bijak memahami dan menggabungkan hadits-hadits tentang kiamat yang berbeda-beda dengan kembali Iagi meninjau apa sih maksud Nabi dengan adanya riwayat yang berbeda-beda tentang tanda-tanda kiamat ini, bukan dengan membeberkannya tanpa penjelasan dan pemahaman yang justru akan membuat orang menjadi cemas dan tidak bersemangat dalam hidup. Hikmahnya, semua ini bertujuan supaya orang mukmin senantiasa beribadah kapan dan di mana saja tanpa mengenal waktu. Kalau kiamat dan tanda-tandanya sudah jelas, maka pasti setiap orang akan meremehkan ibadahnya dan hanya beribadah ketika mendekati kiamat, bukan? Wallahua'lam. (Rabu : 15 April 2020 : @sulaimanrfai)
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanda-Tanda Kiamat Menurut Hadits Nabi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel