-->

Cara Mengobati Penyakit Was-was

Maqalah Santri - Ada banyak macam waswas dan penyebabnya.. Ada waswas akidah, waswas niat dalam ibadah, waswas najis dan lain-lain.

Waswas niat biasanya timbul karena kebodohan/ kesalahan dalam memahami makna niat. Contohnya ketika ada seseorang sudah ada di tempat wudhu tapi dia ragu apakah dia sudah niat atau belum ? Atau orang yang bertakbiratul ihram sampai puluhan kali dengan alasan niatnya belum mantap atau belum datang.

Waswas najis juga banyak dialami masyarakat kita, ketika ada orang yang bahkan sampai duduk berjam jam di kamar mandi atau membasuh kakinya ratusan kali karena khawatir kakinya terkena najis dan kesuciannya tidak sempurna.


Cara mengobati waswas niat yang disebabkan oleh kebodohan atau kesalahpahaman adalah dengan ilmu. Luruskanlah pemahaman tentang hakikat niat.

Sebaga'mana yang sering saya jelaskan, hakikat niat itu bukanlah lafadz "nawaitu" atau ushalli yang harus betul-betul kita hadirkan dalam hati. Hingga ketika lafadz  itu belum tanpak dalam hati kita, maka kita tidak dinamakan orang yang berniat. Bukan....

Definisi niat adalah;


النية ؛ قصد الشئ مقترنا بفعله 


Menuju untuk melakukan sebuah perkara bersamaan dengan awal perkara tersebut.

Dalam sholat misalnya.
Jika ketika ia bertakbiratul ihram ia masih ingat bahwa ia akan melaksanakan sholat fardhu zhuhur empat rakaat maka otomatis ia sudah memiliki niat.

Oleh karena itu sangat sulit digambarkan orang beribadah tanpa niat dalam hatinya. Karena tujuan dalam hati itu, mau tidak mau pasti akan datang dengan sendirinya.


Was waswas


Saya sering memberikan contoh logic :

Misal ada orang sudah ke kamar mandi, berwudhu, pakai baju taqwa dan peci, Ialu pergi ke masjid. Apa masuk akal tatkala ia sudah sampai di shof sholat ia mengaku bahwa ia masih belum menemukan niat ? Apakah masuk akal jika ia ragu bahwa ia ke masjid ya untuk sholat bukan untuk Macul ke sawah ?

Makanya salah satu guru saya, ketika beliau menjelaskan contoh Ibadah tanpa niat.. Beliau mencontohkan :

Misal ada orang yang ingin shalat, Tapi ketika takbirotul ihram ada cewek cantik Iewat di depannya.. la tersepona dan akhimya ia Iupa akan tujuannya bahwa ia sedang akan melakukan ibadah sholat.

Terima banyak kepada pembaca yang telah membacakan postingan ini sampai habis.

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Was-was"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel