-->

Pembagian Mukallaf Ada Empat Macam

Maqalah Santri - Mukallaf (orang yang dibebani kewajiban) itu terbagi empat macam:

1. Golongan yang diciptakan Allah untuk berbakti kepada-Nya dan mendapatkan surga-Nya. Mereka adalah para anbia dan aulia, serta orang-orang mukmin dan orang-orang salih.

2. Golongan yang diciptakan Allah untuk mendapatkan surga-Nya dan tidak untuk berbakti kepada-Nya. Mereka adalah orang-orang yang selama hidupnya dalam keadaan kafir lalu mati dalam keadaan beriman. Atau, orang yang sepanjang hidupnya bergelimangan maksiat, kemudian Allah memberinya tobat di saat menjelang aj alnya hingga ia mati dalam keadaan husnul khatimah, seperti golongan tukang-tukang sihir Firaun. ,



3. Golongan yang diciptakan Allah tidak untuk berbakti kepada-Nya dan tidak pula untuk mendapatkan surga-Nya. Mereka adalah orangorang kafir dan mati dalam keadaan tetap kafir, sehingga mereka tidak pernah merasakan kemanisan iman selama di dunia dan kelak di akhirat akan disiksa dalam keadaan terhina.

4. Golongan yang diciptakan Allah hanya untuk berbakti kepada-Nya tetapi tidak untuk mendapatkan surga-Nya. Mereka adalah orangorang yang pada mulanya rajin berbuat bakti kepada Allah, kemudian berbalik menjadi durhaka, sehingga akhirnya terusir dari pintu rahmat Allah dan mati dalam keadaan kafir.

Dahulu, Sufyan Ats Tsauri sering menangis dan ketakutan, lalu ada yang berkata kepadanya, “Wahai Aha Abdillah, berharaplah kepada Allah, karena ampunan-Nya lebih besar dari dosa Anda.” Beliau menjawab: “Apakah saya menangisi dosa-dosaku? Andaikata aku tahu bahwa aku kelak mati dalam tauhid, aku tidak akan peduli dengan dosa-dosaku.”
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pembagian Mukallaf Ada Empat Macam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel