-->

Asal Mula Kopi Dan Takutnya Jin Pada Kopi

Maqalah Santri - Assalamualaikum para pembaca maqastri (Maqalah Santri) yang Allah muliakan. Rahmat dan sejahtera kita doakan selalu untuk Rasulullah Saw. yang telah menunjukkan kita ke jalan yang benar.

Baik sahabat pembaca semuanya, pada postingan ini kami ingin mencoba mengupaskan sedikit uraian tentang asal mulanya kopi.

Maka berikut ini uraian tentang asal muasal kopi yang kami kutip di postingan seorang ustadz pelajar di Tarim Hadramaut dengan nama akun Instagramnya yaitu @sulaimanrfai.

Ayo kita simak kisahnya;

Sesungguhnya sebab permulaannya kopi, bahwasanya dahulu bangsa Jin suka menyembunyikan sebagian anak-anak kecil di kota Makho dan sekitarnya (Makho adalah sebuah kota terpencil di pinggiran sungai di Yaman perbatasan antara Zabid dan 'Aden).

Kemudian penduduk kota tersebut mengadukan kejadian itu pada Al-'arif billah (orang yang dalam kemakrifatannya pada Allah) Syaikh  Ali bin Umar Asy-Syadzili bahwasanya bangsa Jin tersebut suka menyembunyikan anak-anak mereka dan mengembalikannya dalam waktu yang lama sehingga anak kecil tersebut sudah tumbuh besar dan tidak lagi dikenali orang keluarganya.

Maka Syaikh tersebut berkholwat (menyendiri/menyepi dari manusia) selama 40 hari, dan kemudian di akhir hari yang ke-40, beliau bertemu Nabi ﷺ (entah dalam keadaan terjaga atau mimpi, tidak disebutkan) dan Nabi ﷺ memerintahkan beliau untuk menggunakan tanaman Kopi. Syaikh Ali bingung dan berkata kepada Rasulullah bahwa beliau tidak mengetahui tanaman tersebut yang Rasulullah ﷺ perintahkan kepada beliau.

Maka Rasulullah ﷺ mengambil setangkai tanaman Kopi tersebut beserta buahnya lalu memberikan kepada Syaikh Ali dan Syaikh Ali pun mengambilnya dan mempergunakan biji kopi tersebut juga meletakkan dan menanam tangkainya di tempat-tempat air mengalir.

Asal mula kopi


Kemudian Allah memberkahi tanaman kopi tersebut dan dengan idzin Allah tersebar sehingga Syaikh Ali juga memerintahkan orang-orang untuk menggunakan biji kopi tersebut. Maka setelah itu Allah menolak keburukan dan gangguan bangsa Jin tersebut sehingga tidak dapat lagi menguasai seorang pun dari penduduk kota tersebut dan sekitarnya. Maa syaa Allah ya? 

Baca juga; Minum Kopi Yang Mendapatkan Pahala

Nah semua itu saya sunting dan terjemahkan dari perkataan Alhabib 'Aidrus Alhabsyi. btw, sudah pada ngopi belum hari ini? 

Demikianlah postingan dari seorang ustadz pelajar di Tarim Hadramaut, semoga menjadi ilmu bagi kita semuanya.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asal Mula Kopi Dan Takutnya Jin Pada Kopi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel