-->

Tanda Tanda Hati Yang Mati

Maqalah Santri - Sebagian dari pada tanda matinya hati, yaitu jika tidak merasa sedih (susah) karena tertinggalnya suatu amal perbuatan kebaikan, (kewajiban ), juga tidak menyesal jika terjadi berbuat suatu pelanggaran dosa.




Dalam sebuah Hadits Nabi Muhammad Saw bersabda:


من سرته حسنته وسٱت سيءته فهو مؤمن


Siapa yang merasa senang oleh amal kebaikannya. dan merasa sedih / menyesal atas perbuatan dosanya maka ia adalah seorang  mukmin (beriman).


Abdullah bin Mas'ud ra. berkata : Ketika kami dalam majlis Rasulullah Saw. tiba-tiba datang seorang turun dari kendaraannya dan mendekat kepada Nabi saw. dan berkata : Ya Rasulullah, saya telah melelahkan kendaraanku selama sembilan hari, maka saya jalankan terus menerus selama enam hari, tidak lidur diwaktu malam dan puasa pada siang hari, hingga lelah benar kendaraanku ini, keperluannya hanya untuk menanyakan kepadamu dua masalah yang lelah merisaukan hatiku hingga lidak dapat tidur.



Lalu ditanya oleh Nabi saw. : Siapakah engkau ? Jawabnya : Zaidul-Khoir. Berkata Nabi : Engkau Zaidul-Khoir, tanyakanlah kemungkinan sesuatu yang sukar itu aku sudah pernah di tanyainya. Berkata Zaid : Saya akan bertanya kepadamu tandanya orang yang disukai oleh Allah dan yang tidak disukai (yang dimurkai)? Jawab Nabi Saw : Untung, untung. bagaimanakah keadaanmu kini hai zaid. Jawab Zaid : Saya kini suka kepada amal kebaikan dan orang-orang yang melakukan amal kebaikan. bahkan suka akan tersebarnya amal kebaikan itu, dan bila aku ketinggalan merasa menyesal dan rindu pada kebaikan ilu, dan bila aku berbual amal sedikit atau banyak, tetap saya yakin akan pahalanya.

Jawab Nabi saw. : Ya itu. yaitulah dia, andaikan Allah lidak suka kepadamu. Tentu engkau disiapkan untuk melakukan yang lain dari itu, dan tidak perduli di jurang yang mana engkau akan binasa. Berkala Zaid : Cukup-cukup, lalu ia
berangkat kcmbali di alas kendaraannya itu.

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanda Tanda Hati Yang Mati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel