-->

Pengertian Niat Menurut Bahasa Dan Istilah

Maqalah Santri - Arti niat dalam bahasa Indonesia ialah maksud.

Kalau dikatakan ”Saya berniat hendak pergi ke Mekkah tahun dimuka” maka itu berarti bahwa saya bermaksud hendak pergi ke Mekkah tahun depan.

Ada juga niat itu berarti tujuan.

Pengertian Niat


Kalau dikatakan : ”Saya berniat mencari uang untuk membikin rumah”, maka itu berarti bahwa tujuan mencari uang itu ialah untuk membikin rumah.

Ada pula arti niat itu nazar.

Umpamanya dikatakan : ”Kalau ibu saya yang sakit ini sembuh saya bemiat akan potong kambing dan mengadakan selamatan”. Ini berarti saya bernadzar, kalau ibu saya sembuh akan potong kambing, bikin selamatan.

Dan ada lagi yang lain arti niat itu dalam bahasa Indonesia.

Adapun arti niat dalam bahasa Arab ialah sengaja atau sengaja dalam hati. Arti bemiat ialah menyengaja dalam hati.

Dan arti niat menurut istilah agama ialah :

قصد الشيء مقترنا بفعله 

Artinya: serempak" adalah sama sama. Niat (sengaja) dalam hati itu dilakukan sama sama, tidak terdahulu dan tidak terkemudian dari amalan yang dikerjakan itu.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Niat Menurut Bahasa Dan Istilah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel