-->

Meninggalkan Shalat Itu Merugikan Seluruh Muslimin

Maqalah Santri - Meninggalkan shalat itu merugikan seluruh muslimin. Shalat merupakan salah satu dari rukun Islam. Barang siapa yang mendirikan shalat maka ia telah mendirikan Islam, dan barang siapa yang meninggalkannya bahwasanya ia telah meruntuhkan agama.

Meninggalkan shalat itu merugikan seluruh muslimin, sebagai pernyataan Al Qaffal dalam kitab Tarsyihul Mustafidin:

قال القفال رحمه الله في فتاويه :

( ترك العبد الصلاة يضر بجميع المسلمين إذ لا بد ان يقول في التشهد السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين فيكون مقصرا بخدمة الله وفي حق رسوله صلى الله عليه وسلم وفي حق نفسه وفي حق كافة المسلمين ولذلك عظمت المعصية بتركها واستنبط منه السبكي أن من تركها أخل بحق جميع المؤمنين من مضى ومن يجيء الى يوم القيامة )

 ترشيح المستفيدين، ١/١١ 

Meninggalkan shalat itu merugikan seluruh muslimin


Imam Al-Qaffal rahimahuLlah dalam fatwanya berkata:

"Seorang hamba yang meninggalkan shalat itu merugikan seluruh muslimin. Karena pada saat shalat, dalam tasyahhud akhir wajib membaca/berdoa:

السلام علينا وعلى عباد الله الصالحين

Semoga keselamatan atas kami dan atas hamba-hamba Allāh yang shaleh.

Sehingga orang yang meninggalkan shalat, berarti ia melalaikan berkhidmat pada Allāh dan melanggar hak Rasulullah ﷺ, hak dirinya, serta hak seluruh muslimin. Oleh karena itu dengan meninggalkan shalat ia telah melakukan maksiat besar.
Imam As-Subkiy beristinbath bahwa orang yang meninggalkan shalat telah melanggar hak seluruh mukminin yang telah lalu maupun yang akan datang sampai hari kiamat".

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Meninggalkan Shalat Itu Merugikan Seluruh Muslimin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel